Luvero Family

Islamic Forum of MIG33 Luvero Family
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Luvero_family
Latest topics
» Soft smart setting v.2.10 s60v3
Fri Nov 04, 2011 1:41 am by andrh1

» Aplikasi s60.V3 corel player 1.30
Sun Sep 25, 2011 10:13 am by nyeropo

» Lock room anda
Tue Sep 06, 2011 3:12 am by bajangstyle

» FORSAL3 EMOTE STORE by kariayam
Wed Aug 17, 2011 2:28 pm by soelist

» Mig33+Opmin in 1 app
Fri Aug 12, 2011 3:47 am by Ikaz_wong

» Mig33 4.5 tema freezerland
Fri May 06, 2011 2:14 pm by madat

» Moderator2 LUVERO ??
Wed Apr 13, 2011 12:45 pm by soul-sick

» VB Spy (SPY RUM MULTI IP)
Wed Apr 13, 2011 12:41 pm by soul-sick

» TUNTUNAN KEHIDUPAN (semoga bermanfaat)
Thu Feb 24, 2011 10:28 am by sky.bd

Top posters
rizqi11
 
sky.bd
 
soul-sick
 
Virgin_eye
 
s-cc
 
Freedie
 
anne ray
 
kha-riem
 
chif
 
p0p
 
Affiliates
free forum

Affiliates
free forum


Share | 
 

 Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac : Aries
Jumlah posting : 534
Age : 30
Lokasi : didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa   Thu Apr 02, 2009 10:13 am

:hello: INI GAN SEDIKIT TIPS BUAT JURAGAN MOGA BERMANFAAT YA? :ngdrink:



Belajar merupakan hal yang wajib
dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Belajar pada umumnya
dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh
Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah baik
dengan maupun tanpa pr / pekerjaan rumah. Belajar yang dilakukan secara
terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak
baik.
Berikut ini adalah tips dan triks yang dapat menjadi masukan
berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian :

1. Belajar Kelompok
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih
menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri
sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh
orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar
tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak
teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi
ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas
pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar
baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.
2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas
atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di
mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media
mencontek karena dapat merugikan kita sendiri.
3. Membuat Perencanaan Yang Baik
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik.
Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana
pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita
lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target
pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang
yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas.
Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang
lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.
4. Disiplin Dalam Belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan
baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil
main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah,
dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan
belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum
usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar.
Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup
panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar.
Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak
menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang
tinggi jika kalah.
5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau
orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika
bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang
kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal
yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin
ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang
benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman. Selain
itu
6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan.
Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan
nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca
kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti.
Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri
sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban
dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.
7. Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika
belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum
siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat
contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena
jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan,
terutama bagi anak-anak.
8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian.
Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan
bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan
cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi
kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan
guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan
kecurangan.
Semoga tips cara belajar yang benar ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, amin.
:ngdrink: :ngdrink: MARI MARI DICOBA :ngdrink: :ngdrink:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac : Aries
Jumlah posting : 534
Age : 30
Lokasi : didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Re: Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa   Thu Apr 02, 2009 10:16 am

:ngdrink: :ngdrink: INI TAMBAHANNYA GAN :ngdrink: :ngdrink:



Tiga tips belajar berdasarkan riset psikologis




Tuntutan masa
kini mendorong kita untuk terus belajar, tidak peduli usia kita, jika
kita ingin sukses. Belajar bukan lagi bagi mereka yang berumur 5 sampai
20 tahun, bukan juga selalu berada di dalam lembaga pendidikan dan
kursus-kursus. Walau kita telah menghabiskan ribuan waktu belajar, kita
hanya tahu sedikit tentang belajar efektif. Tidak ada jalan pintas
untuk cepat mengerti namun partisipasi aktif dalam proses belajar
mengajar dapat membuat belajar menjadi efektif. Memperhatikan pelajaran
di kelas, membaca, berhenti menunda-nuda, belajar di tempat yang
tenang, tidak bermain-main saat pelajaran, dan aktif bertanya adalah
hal-hal yang biasanya kita yakin bisa memberikan hasil terbaik.
Menurut Dr. Nate Kornell dari UCLA, ada tiga cara belajar paling efektif yang ditemukan dari riset psikologi:
1. Bagi-bagi subjek-subjekmu dan pelajari bergantian.
Walau mungkin awalnya terasa tidak efektif, membagi-bagi subjek yang
ada dan mempelajari sebagian dari bagian yang berbeda telah terbukti
mampu memberikan hasil efektif. Misalnya pada 15 menit pertama belajar
pembukuan, lalu 15 menit berikutnya bisnis umum, setelah itu 15 menit
untuk managerial.
Untuk informasi lebih lanjut tentang cara belajar ini bisa dibaca di sini
2. Tes dirimu sendiri.
Coba tanyakan pada dirimu sendiri tentang materi-materi yang telah kamu
pelajari. Mengetes diri sendiri memiliki dua keuntungan. Pertama,
karena prosesnya yang mengambil ingatan dari pikiran, hal ini dapat
meningkatkan kemampuan mengingat. Kedua, mengetes diri sendiri dapat
mengetes apakah cara belajar kamu sudah efektif atau tidak. Kamu dapat
mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan kamu sebelum terlambat. Tapi
ada satu syarat: mengetes diri sendiri tidak akan berhasil kalau kamu
lakukan ketika kamu baru saja selesai belajar. Ini tidak mengasah daya
ingatmu melainkan membuatmu sombong.
Untuk informasi lebih lanjut tentang cara belajar ini bisa dibaca di:
http://www2.psych.purdue.edu/~karpicke/index_files/Roediger_Karpicke_2006_Review.pdf
3. Ambil kesimpulan dan integrasikan.
Setelah keluar dari kelas atau membaca satu bab buku, ambil
kesimpulan-kesimpulan penting, dan pikirkan bagaimana
kesimpulan-kesimpulan tersebut berhubungan dengan keseluruhan topik dan
pengalaman pribadi. Proses ini, dikenal sebagai integrasi pengetahuan,
sangat bermanfaat untuk memperkuat daya ingat dan mengimplementasikan
pengetahuan pada kejadian nyata. Untuk lebih mengefektifkan teknik ini,
kamu bisa memberitahukan atau mengajarkan orang lain tentang apa yang
telah kamu pelajari. Menerangkan kesimpulan-kesimpulanmu memerlukan
integrasi dan kemampuan meringkas, dan ini adalah cara terbaik untuk
mengecek kelemahan-kelemahan dalam pengetahuan yang kamu miliki.
Tiga langkah diatas mungkin terasa berat pada awalnya, tapi memiliki
keuntungan jangka panjang yang sangat panjang. Pada waktunya, otak yang
dilatih dengan cara ini tidak memiliki kesulitan dalam mengingat dan
mengimplementasikan.
Disadur dari artikel oleh Dr. Nate Kornell, UCLA
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac : Aries
Jumlah posting : 534
Age : 30
Lokasi : didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Re: Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa   Thu Apr 02, 2009 10:19 am

:02:MASIH TENTANG TIPS BELAJAR JUGA :ngdrink:


Tips Belajar Lebih Cerdas

Belajar dengan tekun dan disiplin memang baik.
Tapi akan lebih baik kalau kamu belajar dengan cerdas. Belajar dengan cerdas akan sangat menunjang keberhasilan studimu.
Dalam tips ini diuraikan hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar bisa mulai belajar dengan cerdas dan berhasil.

1. Belajarlah sambil mendengarkan musik . Berbagai penelitian yang
pernah dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik
dengan peningkatan prestasi belajar. Musik membuat kamu "mengalir’ ,
dan merangsang pikiran untuk berkosentrasi pada apa yang sedang kamu
pelajari atau kerjakan . Idealnya kamu mendengarkan musik klasik atau
instrumentalia/ musik lembut dengan beat yang santai . Tapi kalau kamu
tidak bisa menikmatinya , putarlah musik kesayanganmu.

2. Ciptakan suasana ruang belajarmu senyaman mungkin supaya
kamu betah berada disana. Kalau memungkinkan , hiasilah dengan
gambar-gambar pilihan atau kata-kata yang bisa memberimu motivasi.
Boleh juga menggantungkan poster idolamu , photo kekasihmu , atau
piagam pengahrgaan yang pernah kamu raih . Perhatikan juga ventilasi
udara agar kamu tidak merasa kepanasan atau kedinginan . Aturlah
penerangan agar sesuai dengan keperluanmu , tidak terlalu redup dan
tidak pula terlalu menyilaukan.

3. Aturlah waktu belajarmu dengan seeisien mungkin .
Biasakanlah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang telah kamu
tetapkan. Hindari kebiasaan menumpuk tugas yang perlu dikerjakan sampai
menjelang batas akhir waktu yang ditetapkan. Hentikanlah kebiasaan
sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu akan membentuk kamu
menjadi pribadi yang harus ditekan untuk bergerak . Pola ini biasanya
akan berlanjut ketika kamu sudah memasuki dunia kerja dan bisa
menghambat peningkatan karirmu kelak.

4. Belajarlah dengan aktif . Jangan puas hanya menjadi pelajar
atau mahasiswa yang teoritis saja. Hasil belajarmu akan lebih optimal
kalau kamu belajar sambil mempraktekkan apa yang kamu pelajari. Sistem
belajar sambil praktek sudah terbukti berhasil diterapkan dalam banyak
pendidikan inormal seperti kursus bahasa, mengemudi, inormatika ,
menjahit dsb. Prinsipnya berlaku untuk bidang apapun yang kamu pelajari
, termasuk belajar bicara didepan umum , belajar berdansa , berenang
dsb.

5. Belajarlah dengan minat yang besar agar kualitas dan hasil
belajarmu lebih optimal. Dengan minat yang tinggi , kamu akan
bersemangat menggali berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang
berhubungan dengan materi yang kamu pelajari. Itulah alasannya mengapa
sebaiknya kamu kuliah dibidang yang benar-benar kamu minati. Kalau kamu
sangat menyukai teknik , mungkin kamu akan mengalami masalah kalau kamu
harus kuliah ekonomi dsb. Tapi kalau kamu sudah terlanjur salah
jurusan, atau berada ditempat yang kurang kamu sukai maka cobalah unuk
menyukainya. Milikilah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang telah
kamu ambil atau putuskan. Namun terkadang minat juga bisa muncul dari
penyusuaian diri , percayalah tidak ada ilmu yang tak bermanfaat
raihlah segala bidang ilmu , pelajari dengan matang jangan
setengah-setengah hingga bisa didapat suatu kecerdasan multi dimensi.

6. Pelajarilah teknik belajar yang efektif agar kamu bisa
belajar dengan waktu yang relatif singkat tapi dengan hasil yang lebih
memuaskan. Sebagai contoh TEKNIK PENYEBARAN WAKTU mengajarkan bahwa
lebih baik kamu belajar 3 x 1 jam daripada 1 x 3 jam.

7. Pelajarilah teknik membaca cepat agar kamu bisa membaca
dengan kecepatan tinggi dan dengan pemahaman yang tinggi pula. Ini
adalah kemampuan vital bagi kamu yang hidup diera digital dan
informasi. Dengan daya baca berkecepatan tinggi, syukur-syukur bisa
membaca dengan mata hati pula ,sehingga arus informasi yang deras tidak
akan meneggelamkan kamu , tapi justru melejitkan prestasimu untuk
meraih keberhasilan.

8. Pelajarilah teknik mengingat dengan memanaatkan kata kunci
atau kata akronim. Dengan kemampuan ini daya ingatmu akan dipertajam
sehingga kamu bisa mengingat bahan pelajaran dengan cepat dan akurat.
Banyak teknik mengingat yang sudah teruji praktis yang dapat dipelajari
untuk meningkatkan daya ingat, daya konsentrasi dan memacu potensi
belajar.

9. Pelajarilah teknik menulis. Dengan kemampuan ini kamu tidak
akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan tulis-menulis secara
sistematis dan mudah dipahami, baik berupa laporan , skiripi, artikel
dsb. Keahlian menulis sangat diperlukan didunia kerja dan juga akan
memungkinkan kamu untuk menjadi penulis buku , wartawan dsb.

10. Pelajarilah cara berpikir yang logis , rasional dan
objektif. Meskipun pikiran kamu lebih hebat dari komputer , mungkin
baru sebagian saja /kecil bagian dari otakmu yang kamu manfaatkan.
Berkat jasa para ilmuwan, sekarang otak kamu bisa dilatih untuk memacu
potensimu yang luar biasa sehingga kamu bisa lebih berprestasi dalam
studi dan sukses dalam hidup.

Sumber: www.planetmusic.4t.com
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
rizqi11
co-admin
co-admin


Zodiac : Aquarius
Jumlah posting : 795
Age : 35
Lokasi : Jakarta Utara

PostSubyek: Re: Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa   Thu Apr 09, 2009 2:43 am

Wew.. Panjang banget bos. lol! lol! lol! lol! hmm,tp aku dah gk skul lg tuh bro,dah lulus. Hehe.. Oke deh,trims atas informasi dan tips2 nya bro. Insya Allah,pasti bermanfaat nih buat adek2,keponakan2,bahkan kelak anak2 ku
:melet: hehe...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac : Aries
Jumlah posting : 534
Age : 30
Lokasi : didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Re: Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa   Thu Apr 09, 2009 11:51 am

rizqi11 wrote:
Wew.. Panjang banget bos. lol! lol! lol! lol! hmm,tp aku dah gk skul lg tuh bro,dah lulus. Hehe.. Oke deh,trims atas informasi dan tips2 nya bro. Insya Allah,pasti bermanfaat nih buat adek2,keponakan2,bahkan kelak anak2 ku
:melet: hehe...


JIAH GAN BISA AJA :haha: BIAR PANJANG BANGET YANG PENTINGKAN MAAFAATNYA JUGA BANYAK SEKALI GAN?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa   Today at 7:21 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian / Ulangan Pelajaran Sekolah Bagi Siswa SD, SMP, SMA Serta Mahasiswa
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Luvero Family :: LAIN - LAIN :: Educations-
Navigasi: