Luvero Family

Islamic Forum of MIG33 Luvero Family
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Luvero_family
Latest topics
» Soft smart setting v.2.10 s60v3
Fri Nov 04, 2011 7:41 am by andrh1

» Aplikasi s60.V3 corel player 1.30
Sun Sep 25, 2011 4:13 pm by nyeropo

» Lock room anda
Tue Sep 06, 2011 9:12 am by bajangstyle

» FORSAL3 EMOTE STORE by kariayam
Wed Aug 17, 2011 8:28 pm by soelist

» Mig33+Opmin in 1 app
Fri Aug 12, 2011 9:47 am by Ikaz_wong

» Mig33 4.5 tema freezerland
Fri May 06, 2011 8:14 pm by madat

» Moderator2 LUVERO ??
Wed Apr 13, 2011 6:45 pm by soul-sick

» VB Spy (SPY RUM MULTI IP)
Wed Apr 13, 2011 6:41 pm by soul-sick

» TUNTUNAN KEHIDUPAN (semoga bermanfaat)
Thu Feb 24, 2011 5:28 pm by sky.bd

Top posters
rizqi11
 
sky.bd
 
soul-sick
 
Virgin_eye
 
s-cc
 
Freedie
 
anne ray
 
kha-riem
 
chif
 
p0p
 
Affiliates
free forum

Affiliates
free forum

Share | 
 

 Permainan CATUR

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
rizqi11
co-admin
co-admin


Zodiac: Aquarius
Jumlah posting: 795
Age: 33
Lokasi: Jakarta Utara

PostSubyek: Permainan CATUR   Wed Apr 08, 2009 2:05 pm



Permainan catur menurut Wikipedia pertama kali ditemukan di masyarakat Persia & Arab. Kata 'catur' itu sendiri berasal dari kata 'chaturanga,' yg dlm bahasa Sanskrit berarti 'empat divisi ketentaraan'.Catur kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan pelbagai varian permainan sampai kemudian kita kenal seperti sekarang.Permainan ini awalnya menyebar sampai ke Timur Jauh&India dan menjadi salah satu pelajaran di keluarga kerajaan dan ningrat Persia.Pemuka agama Budha,pedagang yang lalu-lalang di Jalan Sutra mulai memperkenalkan papan catur untuk permainan ini.Chaturanga masuk ke Eropa melalui Kejaraan Byzantine Persia&menyebar ke Kekaisaran Arab.Pemeluk agama Islam kemudian membawa catur ke Afrika Utara,Sisilia&Spanyol pada abad ke-10.Permainan ini kemudian menjadi populer di Eropa.

Pd akhir abad 15, permainan ini lolos dari daftar permainan yang dilarang Gereja.Pada abad modern mulai lahir buku-buku referensi catur,kemudian penggunaan jam catur,serta sejumlah aturan permainan&pemain-pemain hebat.Sejak awal permainan ini sudah memperkenalkan dua pihak yg bermain, perbedaan buah catur dengan kekuataan yang berbeda&kemenangan tergantung pd buah terakhir/dalam catur modern ditandai dengan tumbangnya sang raja.Dalam catur kuno,papan catur memiliki 100 kotak atau malah lebih.Pada awal abad 19,sebuah pendapat disampaikan Kapten Hiram Cox&Duncan Forbes bahwa dulu catur dimainkan 4 orang sekaligus,termasuk empat pemain dlm chaturanga.Dalam puisi epos kepahlawanan Chaturanga itu juga berarti"tentara." Nama itu sendiri bersumber dari sebuah formasi pertempuran dlm epos Mahabrata yg terkenal di India.Chaturanga adlh sebuah simulasi permainan perang guna memperlihatkan kekuatan strategi militer India saat itu.Ashtapada,kotak 8 x 8 di sebuah papan merupakan tempat bermain Charuranga.Papan lain yang dikenal di India adalah Dasapada 10 x 10 dan Saturankam 9 x 9.Ilmuwan Arab Abu al-Hasan 'Alī al-Mas'ūdī memberi rincian tentang penggunaan catur yakni sebagai sebuah alat strategi militer,matematik,perjudian&terkadang dihubungkan dgn ramalan nasib di India&tempat lainnya.Catatan Mas'udī jg menunjukkan Ivory di India merupakan daerah produsen alat permainan catur utk pertama kali,menyebarkan serta memperkenalkan permainan ini dari Persia ke India semasa Kerajaan Nushirwan.Kemudian terjadi evolusi pd permainan chaturanga yang dikenal dengan nama Shatranj (chatrang),yakni sebuah permainan dua orang pemain yang kekalahan&kemenangan ditentukan melalui pembersihan terhadap semua bidak lawan (kecuali raja) atau melalui penaklukan terhadap raja lawan.Posisi pion&kuda tdk berubah,tapi bidak lain mengalami perubahan bentuk.Timur Tengah,Karnamak-i Ardeshir-i Papakan,seorang pendiri Kekaisaran Sassanid Persian di Irak memperkenalkan permainan chatrang sbg salah satu cara agar rakyat mengenangnya sebagai seorang pahlawan legendaris.Catatan tertua tentang permainan ini dibuat pada abad ke-10 yakni notasi permainan antara seorang sejarawan Baghdad&muridnya.Pada abad ke-11,Ferdowsi menuturkan seorang Raja datang dr India utk melakukan pertandingan di papan catur.Kisah ini diterjemahkan dlm Bahasa Inggris berdasar manuskrip British Museum.Variasi charunga masuk ke Eropa melalui Persia,seiring penyebaran pengaruh Kerajaan Byzantine&Kekaisaran Arab.Catur masuk ke Eropa Selatan pada akhir milenium pertama.Catur semula kurang populer di Eropa Utara,yang tak terbiasa berpikir abstrak.Namun perlahan-lahan menjadi populer saat bidak figuratif dikenalkan.Nilai sosial menjadi kelebihan permainan ini pd masa lalu dikaitkan dengan kehormatan&kebudayaan tinggi,sehingga beberapa papan catur dibuat dari bahan istimewa&berharga mahal.Popularitas catur melemah di masyarakat Barat antara abad 12 sampai 15 M. Saat itu buku catur biasanya ditulis dalam bahasa Latin.Pada perkembangannya catur kemudian dihubungkan dengan gaya hidup ksatria Eropa.Peter Alfonsi dalam bukunya Disciplina Clericalis, memasukkan catur ke dalam tujuh keahlian yang harus dimiliki seorang ksatria.Simbol-simbol perwira&ketentaraan mulai masuk dalam catur.Raja Henry I, Raja Henry II dan Raja Richard I dari Inggris merupakan patron catur masa itu.Kerajaan lain yang menaruh perhatian serius pd permainan ini adalah Raja Alfonso X Spanyol dan Raja Ivan IV dari Rusia.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac: Aries
Jumlah posting: 534
Age: 28
Lokasi: didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Re: Permainan CATUR   Wed Apr 08, 2009 2:14 pm

BANG RIZQI MANG SUKANYA PERMAINAN YANG BERAT2 HEHEHEHEHEHE

COBA AJA DIPIKIR MAIN CATUR TUCH BERAT BANGET LHO ALASANNYA SIMPEL BANGET SOALNYA KALO MAIN KUDU ANGKAT PION, BENTENG , KUDA, MENTRI ,RATU, RAJA BAYANGIN TUCH GIMANA CAPEKNYA :haha:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
rizqi11
co-admin
co-admin


Zodiac: Aquarius
Jumlah posting: 795
Age: 33
Lokasi: Jakarta Utara

PostSubyek: Re: Permainan CATUR   Thu Apr 09, 2009 7:36 am

Wkakakak
:haha: bisa aja bro. Yah aku memang kurang suka permainan olahraga, males lol! cuma olahraga otak, CATUR aja yg ku suka
:haha:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac: Aries
Jumlah posting: 534
Age: 28
Lokasi: didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Re: Permainan CATUR   Thu Apr 09, 2009 4:16 pm

rizqi11 wrote:
Wkakakak
:haha: bisa aja bro. Yah aku memang kurang suka permainan olahraga, males lol! cuma olahraga otak, CATUR aja yg ku suka
:haha:


jiah catur ma gak cuma pake otak bro?tapi juga pake otot buat angkat2 beban berat tuch hehehehehe :haha:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
rizqi11
co-admin
co-admin


Zodiac: Aquarius
Jumlah posting: 795
Age: 33
Lokasi: Jakarta Utara

PostSubyek: Re: Permainan CATUR   Mon Apr 13, 2009 11:41 am

Jgaggagaga iya jg ya sky

:haha:

eh,sky.. ni koq kayak nya makin lama cuma kita bedua ja ya yg sering saut2 an posting? Yg laen pd kmana yak?



cuma keitung jari yang suka ol,pdhal member dah ratusan (dies)

gmana nih bro?

_________________
"MERDEKA atau MATI !!! KIBARKAN sang MERAH PUTIH di PERSADA NUSANTARA"
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac: Aries
Jumlah posting: 534
Age: 28
Lokasi: didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Re: Permainan CATUR   Mon Apr 13, 2009 12:59 pm

rizqi11 wrote:

eh,sky.. ni koq kayak nya makin lama cuma kita bedua ja ya yg sering saut2 an posting? Yg laen pd kmana yak?



cuma keitung jari yang suka ol,pdhal member dah ratusan (dies)

gmana nih bro?



aku cari tau dulu apa aja sekarang yang lagi hot buat dipostingkan?masalahnya sekarang gprs gak karuan gan?aku kemaren coba pake hp aja susah bgt?ato tampilannya gan yang diganti biar lebih keren gi tuch?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
rizqi11
co-admin
co-admin


Zodiac: Aquarius
Jumlah posting: 795
Age: 33
Lokasi: Jakarta Utara

PostSubyek: Re: Permainan CATUR   Mon Apr 13, 2009 6:13 pm

Iya sky, memang kudu tuh. Posting yg menarik2 ja,jgn yg trlalu njelimet. Kalo perlu topik hiburan atau sejenis permainan,atau apalah yg memberikan daya tarik (bkn magnet lho) hehe. Ku jg fikirkan deh

_________________
"MERDEKA atau MATI !!! KIBARKAN sang MERAH PUTIH di PERSADA NUSANTARA"


Terakhir diubah oleh rizqi11 tanggal Mon Apr 13, 2009 6:15 pm, total 1 kali diubah (Reason for editing : Editing words)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
soul-sick
admin
admin


Zodiac: Taurus
Jumlah posting: 422
Age: 31
Lokasi: blacken earth

PostSubyek: Re: Permainan CATUR   Tue Apr 21, 2009 4:38 pm

rizqi11 wrote:
Wkakakak
:haha: bisa aja bro. Yah aku memang kurang suka permainan olahraga, males lol! cuma olahraga otak, CATUR aja yg ku suka
:haha:
kalau aq malah males mikir wkwkwk :haha:

_________________


"Kegelapan, Kesunyian & Keabadian"
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://islamtradisionalis.wordpress.com
 

Permainan CATUR

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Luvero Family ::  :: -