Luvero Family

Islamic Forum of MIG33 Luvero Family
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Luvero_family
Latest topics
» Soft smart setting v.2.10 s60v3
Fri Nov 04, 2011 1:41 am by andrh1

» Aplikasi s60.V3 corel player 1.30
Sun Sep 25, 2011 10:13 am by nyeropo

» Lock room anda
Tue Sep 06, 2011 3:12 am by bajangstyle

» FORSAL3 EMOTE STORE by kariayam
Wed Aug 17, 2011 2:28 pm by soelist

» Mig33+Opmin in 1 app
Fri Aug 12, 2011 3:47 am by Ikaz_wong

» Mig33 4.5 tema freezerland
Fri May 06, 2011 2:14 pm by madat

» Moderator2 LUVERO ??
Wed Apr 13, 2011 12:45 pm by soul-sick

» VB Spy (SPY RUM MULTI IP)
Wed Apr 13, 2011 12:41 pm by soul-sick

» TUNTUNAN KEHIDUPAN (semoga bermanfaat)
Thu Feb 24, 2011 10:28 am by sky.bd

Top posters
rizqi11
 
sky.bd
 
soul-sick
 
Virgin_eye
 
s-cc
 
Freedie
 
anne ray
 
kha-riem
 
chif
 
p0p
 
Affiliates
free forum

Affiliates
free forum


Share | 
 

 Mempertahankan Kesehatan Sendi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
sky.bd
Moderator
Moderator


Zodiac : Aries
Jumlah posting : 534
Age : 30
Lokasi : didalam hati orang2 yang tersingkirkan dan berada dalam kesedihan.

PostSubyek: Mempertahankan Kesehatan Sendi   Wed Apr 15, 2009 11:55 pm

Sendi (joints/ articulation) merupakan komponen yang penting untuk gerakan tubuh. Komponen itu menghubungkan tulang dan tulang lainnya. Salah satu peran sendi adalah agar gerakan menjadi luwes.
Laiknya pembuluh darah, jantung atau organ lain, seiring perjalanan usia, komponen sel dalam sendi juga dapat mengalami proses penuaan (degenerasi). Salah satu penyakitnya dikenal dengan osteoarthritis. Kondisi itu dipercepat bila kita tidak dapat merawat sendi dengan baik.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisi sendi dapat terjaga dengan baik dan setidaknya proses kerusakan akibat penuaan dapat ditunda.
• Perhatikan berat badan
Memperhatikan berat badan merupakan hal yang terbaik untuk menghindari proses degenerasi pada sendi yang mempertahankan berat tubuh. Seseorang yang mengalamai kelebihan berat badan (BMI 25-29,9) biasanya akan mengalami keluhan pada lutut dan tulang belakang.

“Heavy use over several years can cause degenerative changes”. Proses degenerasi ini menyebabkan penurunan fungsi sendi sebagai shock absorber dan lubrikasi permukaan sendi itu sendiri. Akibatnya, terjadi peningkatan gesekan (friksi) secara berulang. Hal inilah yang menjadikan sendi terasa sakit.

• Tetap bergerak
Jangan terlalu banyak diam, misalnya terlalu sibuk di depan komputer (karena keasyikan baca e-book..^^), menghabiskan waktu di depan televisi, dan kegiatan-kegiatan yang mengakibatkan gerakan sendi kurang. Padahal gerakan dapat memperlancar sirkulasi cairan pada sendi yang akhirnya membuat sendi sehat.
Lakukan peregangan sendi secara berkala untuk memperlancar sirkulasi. Olahraga tentunya dapat membantu membuat sendi sehat dan menurunkan berat badan. Olahraga yang terbaik untuk sendi adalah jenis olahraga low impact misalnya berenang atau bersepeda.

• Latih kekuatan otot untuk membantu beban sendi
Otot yang kuat dapat membantu kerja sendi, misalnya pada sendi lutut, otot sekitar paha dan betis yang kuat dapat membantu menopang beban tubuh. Pastikan teman-teman paham dengan gerakan otot. Tujuannya latihan yang dilakukan dapat efektif dan terhindar dari cedera.

• Kenali batas kekuatan tubuh
Beberapa gerakan dan aktivitas mungkin saja terlalu berat untuk sendi. Lakukan latihan secara berkala sebelum teman-teman melakukan aktivitas yang belebihan. Batasan kekuatan biasanya tidak ada nyeri pada sendi setelah melakukan aktivitas berat, meskipun hal itu tidak dapat dijadikan patokan baku. Jika muncul nyeri meskipun sudah lebih dari 48 jam setelah aktivitas berat, mungkin saja latihan yang dilakukan berlebihan.

• Usahakan postur tubuh ideal
Jangan membungkuk atau berada dalam posisi tidak tegak dalam waktu yang lama. Hal itu dapat membuat beban tertumpu tidak pada tempat yang seharusnya. Misalnya saat membawa ransel, usahakan agar beban dapat terbagi pada dua bahu. Contoh lain, pada saat mengangkat barang lebih baik membungkukkan lutut dan mengambil barang dibandingkan membungkukkan badan.

• Lindungi sendimu
Misalnya saja dengan menggunakan pelindung pada lutut, siku atau pergelangan tangan saat melakukan aktivitas berat. Cedera pada sendi atau tulang yang berhubungan dengan sedi dapat merusak sendi lebih cepat.

• Jika cedera, lakukan pengobatan segera
Salah satu komplikasi cedera sendi adalah hemarthrosis (perdarahan pada sendi). Gejalanya bengkak dan nyeri. Darah tersebut harus dikeluarkan. Jika dibiarkan hal itu dapat mengakibatkan kerusakan sendi.
Gunakan es untuk menghilangkan nyeri dan mengurangi bengkak. Caranya dengan membungkus es dengan kain atau handuk selanjutnya ditempelkan pada sendi dalam waktu sekitar 10 menit. Jangan menempelkan es langsung ke sendi.

• Konsumsi makanan untuk kesehatan sendi
Makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu memperkuat tulang dan sendi. Tulang yang kuat dapat menghindari cedera yang mengenai sendi. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium sesuai kebutuhan. Makanan yang banyak mengandung kalsium selain susu salah satunya adalah brokoli.

Reff.
*Majalah Dokter Kita edisi Februari 2009
*Keith L. Moore. Clinically Oriented Anatomy .5th ed. pg. 26 & 29


lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://doctorsky89.blogspot.com
rizqi11
co-admin
co-admin


Zodiac : Aquarius
Jumlah posting : 795
Age : 35
Lokasi : Jakarta Utara

PostSubyek: Re: Mempertahankan Kesehatan Sendi   Fri Apr 24, 2009 12:25 pm

Oke roger that ! Thanks for sharing
lol!
I think we must do something here.

_________________
"MERDEKA atau MATI !!! KIBARKAN sang MERAH PUTIH di PERSADA NUSANTARA"
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Mempertahankan Kesehatan Sendi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Luvero Family :: LAIN - LAIN :: Medical-
Navigasi: